Setiap bisnis pasti ada pasang surutnya. Menghadapi pertumbuhan jaringan yang terus menurun memang bukan hal mudah dan tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Namun ada beberapa cara khusus yang bisa dilakukan oleh jaringan network Anda untuk mengatasi hal tersebut. Baik itu Anda sebagai leader maupun dowline.

Dalam bisnis Multi Level Marketing (MLM), peran setiap member bisa sangat berpengaruh. Bagaimana tidak, karena dalam sistem piramida yang diterapkan dalam bisnis MLM ini, setiap member akan berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, kunci sukses dalam bisnis ini adalah member satu sama lain kompak.

Sama seperti pemimpin perusahaan yang berusaha mati-matian mengontrol sistem yang sedemikian rupa. Sama juga dengan upline dari bisnis MLM yang akan berusaha untuk mendapatkan prospek-prospek baru supaya menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

Karena jika anda mendapatkan banyak downline atau member baru, bonus akan anda dapatkan dari atasan anda. Sebagai downline, anda akan berusaha untuk mendapatkan prospek baru juga agar penghasilan anda tidak hanya dari penjualan barang, namun dari mendapatkan member baru.

Saat itulah akan terbentuk jaringan-jaringan yang saling berhubungan. Semakin banyak member, akan semakin maju jaringan ini, maka akan semakin besar pula keuntungan yang dihasilkan. Terlebih dalam sebuah bisnis jaringan, anda akan mendapatkan poin dalam setiap mensponsori member baru. Hal ini lah yang tidak bisa anda dapatkan dalam bisnis apapun.

Apa yang terjadi jika pertumbuhan jaringan bisnis MLM anda menurun? Apa yang harus dilakukan?

Ada beberapa tips saat menghadapi pertumbuhan jaringan terus menurun, diantaranya sebagai berikut:

Upline harus aktif

Upline itu sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Karena dalam sebuah lingkaran bisnis MLM, keberhasilan menghasilkan banyak rupiah terkadang bergantung dari keaktifan upline Anda.

Upline yang aktif dalam menjalankan bisnis, akan mempermudah downline dan jaringan bisnis MLM ini berkembang lebih baik.

Karena ketika jaringan bisnis MLM yang Anda jalankan terasa berhenti di tengah jalan, atau bahkan mengalami kemunduran, sebagai upline Anda bisa menjadi penggerak untuk menjadikan jaringan bisnis MLM ini bergerak kembali. Juga dalam bisnis MLM Upline bisa mengajarkan dalam hal sulit yang mungkin anda dapatkan dalam setiap langkah bisnis ini.

Pertumbuhan jaringan yang terus menurun ini biasanya dikarenakan oleh ketidakaktifan downline Anda dalam memperluas jaringan bisnis MLM. Nah hal ini pun berakibatkan fatal karena ketidakseriusan downline anda.

Downline terkadang merasa tidak mampu untuk melanjutkan bisnis karena sulitnya mendapatkan prospek baru dalam jaringannya. Sehingga pertumbuhan jaringan bisnis MLM menjadi menurun. Merasa takut juga bisa menjadi akar dari kegagalan bisnis ini.

Dalam hal ini, peran upline-lah yang sangat dibutuhkan dalam membantu downline yang sedang mengalami putus asa. Jadi bisa disimpulkan, upline yang aktif akan mempengaruhi pertumbuhan jaringan bisnis MLM.

Downline harus aktif

Ketika posisi Anda sebagai downline, Anda harus berusaha untuk mencari prospek baru supaya posisi Anda terdongkrak dan menjadi upline. Ketika menjadi upline, Anda akan mendapatkan bous khusus dari perusahaan karena sudah mendapatkan member baru dalam bisnis MLM ini.

Seperti yang kita ketahui dalam bisnis Multi Level Marketing, bonus khusus akan diberikan bagi upline yang berhasil mendapatkan member baru.

Memang keuntungan lainnya dari bisnis MLM ini didapatkan dari hasil penjualan barang, dan juga keberhasilan merekrut prospek untuk menjadi member baru bisnis MLM. Sehingga untuk menumbuhkan jaringan MLM, Anda sebagai downline pun harus aktif bergerak mencari member baru. Ketika kedua dilakukan secaran sinkronisasi, maka dalam hal ini anda bisa menaikkan omset bisnis.

Bekerja sama dengan upline

Keberhasilan memperluas jaringan bisnis MLM dipengaruhi oleh kerja dari member-member di dalamnya.

Baik itu upline maupun downline dari bisnis MLM tersebut. Semakin aktif salah satu member dalam jaringan bisnis MLM, pertumbuhan jaringan pun akan semakin baik. Namun terkadang jaringan bisnis MLM ini pun bisa mengalami penurunan.

Saat menghadapi pertumbuhan jaringan terus menurun, ada baiknya sebagai downline maupun upline harus bekerja sama. Karena dengan meningkatnya jaringan bisnis MLM, kedua belah pihak akan sama-sama berasa diuntungkan.

Sebagai upline harus mau menjadi inspirator

Sebenarnya dalam hal ini ada rasa sulit, ada rasa mudah dalam melakukannya. Karena biasanya kekuatan mental dan psikologi setiap orang berbeda-beda. Begitu pula dalam jaringan bisnis MLM ini. Ada yang selalu berusaha dan tidak putus asa, ada juga yang sering ditolak oleh prospek akhirnya menjadi putus asa. Memang kunci dalam bisnis ini adalah sabar.

Dalam hal ini, upline harus mau menjadi inspirator bagi downlinenya agar tidak putus asa dalam mendapatkan member baru agar jaringan bisnis MLMnya meluas.

Perluas jaringan melalui online

Tips terakhir saat menghadapi pertumbuhan jaringan terus menurun adalah dengan memperluas jaringan melalui internet. Dewasa ini, internet merupakan salah satu solusi terbaik untuk memperbaiki jaringan bisnis MLM yang terus menurun. Karena pengguna internet saat ini terbilang sangat banyak. Juga di tambah sebagian besar orang di dunia ini memang mengandalkan internet dalam hal membeli barang-barang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat menghadapi pertumbuhan jaringan terus menurun. Semoga beruntung. Tetap semangat. Jangan putus asa.

Leave a Reply