Cermati Bisnis MLM yang Anda Ikuti, Jangan Sampai Gagal di Tengah Jalan

 

Kiat-kiat sukses bagi para pemula tentu sangat bermanfaat untuk Anda yang baru ingin memulai bisnis ini. Bisnis MLM adalah bisnis yang sangat populer, karena di kalangan usia, tidaklah membataskan usia. Orang tua, sarjana, anak muda, bahkan pelajar SMA tertarik untuk memulai bisnis ini. Karena banyak sekali “pengikut” bisnis ini, maka ada kiat-kiat hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis MLM ini. Tentu hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari penipuan, atau kegagalan di tengah jalan.

      1. Perhatikan secara detail MLM Yang Anda Ikuti
Menghindari penipuan, yang harus anda lakukan pertama kali adalah memperhatikan seluk beluk MLM yang anda ikuti. Pastikan juga anda cocok dengan bisnis dan produknya. Jangan sampai anda merasa jenuh karena pada awalnya anda merasa bahwa bisnis MLM yang ingin anda ikuti bukanlah bisnis yang cocok. Semakin anda mengetahui tentang bisnis tersebut aman dan bersih, maka anda akan dapat menemukan strategi yang pas untuk di terapkan dalam bisnis tersebut. Berikut hal-hal yang harus di cermati :

a. Produk
Ketika anda sudah memilih suatu bisnis MLM, anda harus dapat menilai produknya. Apakah produk yang di produksi itu memiliki nilai produk yang laris di pasaran atau tidak? Keunggulan produk tersebut apakah terbukti, dan apakah produk tersebut sudah memiliki cap pemerintah atau belum? Jika produk yang ditawarkan merupakan mitra perusahaan lain, anda harus bisa memastikan apakah produk itu asli atau palsu. Juga jangan meremehkan minat anda, sebelum memilih, sebaiknya anda menyesuaikan minat anda. Usahakan agar perusahaan yang anda pilih sesuai dengan minat anda.

Jangan lewatkan sedikitpun hal ini, karena jika luput dari perhatian anda, anda akan mendapatkan masalah. Misalnya, kehilangan kepercayaan mitra anda dan konsumen anda. Hal ini yang paling fatal, sebab kepercayaan mahal harganya. Jika sudah kehilangan kepercayaan, belum tentu mereka mau menumbuhkan kepercayaan itu kembali.

b. Membedakan dengan MLM Penipuan
Tentu hal ini tidak boleh di lewatkan. Banyak sumber di internet, bahwa MLM penipuan ada ciri-cirinya, tentu yang pertama apa perusahaan sudah memiliki SIUP L, apa perusahaan sudah di sahkan oleh OJK, dan juga apa perusahaan lancar membayar pajak atau tidak. Anda harus membuat catatan ciri-ciri tersebut dan membandingkan dengan bisnis MLM yang ingin anda ikuti. Jangan sampai ketika anda sedang menjalani bisnis MLM tersebut, anda harus berhenti di tengah jalan karena perusahaan yang anda ikuti hit-and-run.

 

        2. Menentukan Target Pasar
Tips yang kedua adalah anda harus fokus mengembangkan ini. Menentukan target pasar. Salah jika anda menganggap bahwa semua orang (teman dan keluarga) merupakan target yang bisa di jadikan anggota. Seperti bisnis-bisnis lainnya, anda bisa mendapatkan kesuksesan yang besar jika dapat menentukkan target pasar dan fokus upaya distribusi kepada mereka.

 

       3. Promosi Setiap Hari
Kiat-kiat yang ketiga adalah anda haruslah fokus untuk selalu mengembangkan bisnis anda dengan semangat dan tanpa ada hari bolong promosi dan terus gencar mencari anggota baru, meski penghasilan anda belum terlalu besar dari yang di targetkan.

Seperti hal penting yang pertama, kepercayaan yang tumbuh dari konsumen, maupun anggota sangatlah tidak mudah di dapatkan. Pada tahap awal, haruslah anda menumbuhkan kepercayaan dan menjaga kepercayaan tersebut. Karena jika konsumen merasa produk yang di belinya sangatlah bagus, maka mereka akan sendirinya mempromosikan “lapak” anda kepada orang-orang di sekitarnya. Inilah salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan dalam hal promosi produk.

Jangan lewatkan media sosial, anda harus memanfaatkan semua akun media sosial anda untuk kegiatan promosi produk. Dimanapun anda berada, anda harus menyempatkan diri untuk mempromosikan produk. Bisa juga mempromosikan secara langsung dengan memberikan brosur dan menjelaskan keunggulan produk tersebut.

 

       4. Mulai Merekrut Anggota Baru
Kiat-kiat menuju sukses dengan usaha MLM yang keempat adalah mulai merekrut anggota baru. Karena, semakin luas jaringan anda, keuntungan yang akan di dapat juga semakin besar. Anda bisa memulai perekrutan ini kepada pelanggan-pelanggan anda. Juga kepada teman-teman anda yang mungkin sedang membutuhkan pekerjaan. Karena tidak dapat di pungkiri bahwa saat ini lapangan pekerjaan pun sangat sedikit. Jadi, banyak orang yang mengambil langkah untuk memulai bisnis MLM sebagai alternatif yang efektif.

Bila mana anda masih bermasalah dalam interaksi kepada orang lain, anda dapat memulai dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang biasa di laksanakan oleh perusahaan MLM tersebut untuk meningkatkan kemampuan retorika berbicara di depan calon konsumen, maupun di depan umum. Karena jika anda menguasainya, akan mudah saja mendapatkan orang-orang yang mau ikut menjalani bisnis anda.

Setelah anda mengetahui kiat-kiat sukses sebagai pembisnis MLM diatas, tidak ada alasan lain bagi anda untuk mundur dan menyerah. Jangan hanya simpan kiat-kiat diatas sebagai pengetahuan saja. Namun, anda harus bisa mengamalkannya dan membuktikannya sehingga kiat-kiat usaha MLM diatas benar-benar dapat mensukseskan anda.

 

 

This Post Has One Comment

Leave a Reply