Kekuatan dan Kelemahan Bisnis MLM

Dalam bisnis apapun, maupun itu online atau offline atau keduanya, pasti ada kelebihan dan kekurangan tergantung pada seberapa usaha dalam bisnis itu. Multi-Level Marketing (MLM) pun tidak berbeda. Pengusaha bisnis MLM pun harus tahu bagaiman cara untuk menjalankan bisnis ini, menggunakan kecerdasan, kerja keras, dan mendidik diri mereka sendiri dengan informasi yang baik dan relatif.

Namun, banyak orang tidak melihat MLM sebagai bisnis kerja-dari-rumah yang legal. Bahkan Komisi Perdagangan Federal dan lembaga pemerintah lainnya telah keluar dan menulis menentangnya dan telah memperingatkan konsumen untuk menjauh darinya. Memang benar bahwa banyak penipuan berkedok MLM yang sudah menyebar. Banyak bisnis yang penipuan yang mengatasnamakan bisnis MLM, yang menyebabkan banyak orang berpikir negatif ketika mendengar bisnis MLM. Hal itu juga membesar karena banyak orang yang mengaku tidak mendapatkan keuntungan apapun dari bisnis tersebut. dan sebagian besar individu tidak akan pernah menghasilkan uang dalam bisnis MLM, tetapi jangan salah, banyak bisnis MLM yang sah dan banyak orang telah menghasilkan banyak uang dari bisnis MLM sendiri.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Penipuan Money Game dan MLM

Metode pertumbuhan bisnis MLM telah membantu banyak orang di jalur kemandirian finansial seperti yang terlihat dari situs web businessforhome.org. Dalam beberapa kasus, itu telah menghasilkan ratusan juta uang untuk beberapa orang. Sebenarnya, rasio keberhasilan memang lebih kecil di banding rasio keberhasilan. Tapi, jika anda hanya melihat dari segi, berapa banyak orang yang mendapatkan reward, bisa jadi memang itu yang terjadi. Tapi, keuntungan yang biasa orang dapatkan dari bisnis MLM adalah bonus perharian yang anda dapat ketika menjual produk perusahaan MLM itu. Jadi, jika anda rugi dalam bisnis ini, anda kemungkinan salah dalam menjalankannya, dan tidak maksimal mengejarnya.

Ada Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman untuk bisnis apa pun. Seseorang harus mengembangkan kemampuan dengan menemukan dan memanfaatkan peluang. Seseorang harus, pada saat yang sama, bekerja pada kelemahan dan ancaman dan mengubahnya menjadi kekuatan dan peluang masing-masing.

  • Kelemahan MLM

Seperti dua mata pisau, begitu pula bisnis multi level marketing. Disamping ada kelebihannya, juga ada beberapa kekurangan yang perlu diketahui.

  1. Produk multi level marketing yang berkualitas dijual dengan harga yang tak murah. Bahkan, bisa dibilang cukup mahal. Sehingga hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu. Meskipun menjamin keaslian, tapi beberapa produk malah cenderung memberi kesan menjual merk saja, bukan produknya. Padahal, diluaran ada banyak produk sejenis yang dijual dengan harga tak semahal itu.
  2. Memaksa bergabung. Hal ini lah yang membuat MLM menjadi negatif di pikiran masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan ya. Sudah jadi rahasia umum kan, jika dalam bisnis MLM berlaku sistem ‘rekrut-merekrut member’. Nah, inilah yang menjadi alasan para agen MLM terkesan mengejar (bahkan memaksa) calon mitranya. Bayang-bayang komisi selangit apabila dapat merekrut anggota baru membuat oknum agen MLM tersebut melupakan kode etik dalam sistem penjualan langsung, yaitu melindungi hak konsumen.
  3. Oknum penipu berkedok bisnis MLM. Hal ini tidak banyak orang tahu, karena bisnis penipuan (money game) mengatasnamakan perusahaannya adalah perusahaan MLM. Padahal sesungguhnya, bisnis yang dijalankan tak lebih dari sekedar permainan uang saja. Dengan merekrut orang sebanyak-banyaknya, agen dijanjikan dengan bonus yang selangit. Bahkan sistem yang di berikan, orang yang paling pertama bergabung sajalah yang mendapatkan keuntungannya. Padahal ini jelas bertentangan dengan kode etik APLI. Biasanya bisnis penipuan (money game) inilah yang ilegal.
  • Kekuatan MLM
  1. Produk-produk yang diproduksi sangat terbatas. Yang membuat bisnis MLM istimewa, apalagi kalau bukan produknya yang eksklusif? Produk MLM akan sangat laku keras karena barangnya yang terkenal bagus dan tak semua orang bisa memilikinya, kecuali jika sudah bergabung menjadi anggota. Iya, produk MLM tak dijual bebas. Hanya agen, distributor resmi, juga stokist yang dapat memasarkannya. Biasanya, agen distributor resmi seperti ini memiliki hak istimewa yaitu dapat membeli barang eksklusiv ini dengan harga khusus. Bisa 10-15 % lebih murah dari harga jual normalnya. Lumayan, kan?
  2. Kesempatan bergabung dengan komunitas baru yang memiliki visi dan misi yang sama. Setiap perusahaan MLM pasti memiliki tujuan dalam memproduksi produknya. Juga produknya yang memiliki manfaat-manfaat khusus. Biasanya, produk tersebut dibuat dari bahan-bahan khusus sehingga dapat dijamin kualitasnya. Apalagi, bila perusahaan MLM tersebut sudah menjadi anggota APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia), sudah pasti semua poduknya terjamin mutu dan kualitasnya. Karena, tiap produk yang dikonsumsi, harus mendapat ijin resmi dari BPOM. Maka dari itu anggotanya membangun komunitasnya sendiri-sendiri. Seperti komunitas pada umumnya saja, pasti yang bersedia bergabung dalam komunitas tertentu memiliki kesamaan visi dan misi. Karena denan bergabung bersama komunitasnya, akan menambah semangat lebih sukses dan meraih jenjang karis yang lebih tinggi tentu lebih besar.
  3. Adanya kesempatan pendapatan yang tak terbatas dan peluang besar untuk sukses. Mengapa bisnis MLM banyak yang sangat tertarik? Karena banyak peluang yang bisa di dapatkan dengan bisnis MLM, selain dapat dilakukan secara paruh waktu, tapi pendapatannya tidak kalah banyak. Tak seperti dengan pekerja lain, seperti karyawan swasta atau pegawai negeri, bisnis MLM tak bisa memastikan penghasilan untuk para anggota atau agen yang bekerja untuk memasarkan produknya. Agen mendapatkan apa yang telah ia hasilkan. Semakin banyak produk terjual semakin besar hasil dari omset penjualan yang diperoleh.  Dan ini akan ditambah dengan komisi apabila agen tersebut mampu merekrut anggota baru. Ini belum dengan tambahan bonus-bonus yang lain, lho. Inilah yang menarik dari bisnis MLM. Dengan modal yang tak begitu besar, Anda sudah bisa memulai usaha sendiri.
  4. Tak ada batas usia, waktu dan tempat. Kelebihan lain dalam bisnis MLM yakni, anda tak perlu khawatir berapapun usia anda, berapa waktu yang anda investasikan, juga tempat untuk menjalani bisnis ini, semua terserah pada anda. Anda lah bos dalam bisnis MLM. Berapapun usia Anda, setiap agen MLM memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Bahkan bisnis MLM dapat dijadikan bisnis sampingan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bahkan karyawan. Terbilang fleksibel. Tapi, tentu Anda harus pandai-pandai memanfaatkan waktu dan peluangnya. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa melakukan prospek sesuka hati anda. Lakukanlah segala sesuatunya dengan terjadwal dan rinci. Misal, Anda bisa mengatur jadwal pertemuan dengan orang-orang yang sudah anda kualifikasi terlebih dulu. Setidaknya, Anda harus membuat marketing plan sendiri supaya anda lebih terarah dalam menjalankan bisnis ini.
  • Langkah-langkah untuk Sukses di MLM

Bagaimanapun, ketika Anda memutuskan untuk bergabung dengan MLM setelah melakukan riset dasar dan membaca ulasan tentang bisnis dan Anda pikir itu baik untuk Anda, maka Anda harus mengusahakannya, berikan waktu yang berkualitas dan upaya terbaik Anda, maupun paruh waktu atau penuh waktu.

  1. Rencanakan Pekerjaan Anda dan Kerjakan Rencana Anda. Anda harus memiliki rencana bisnis walaupun hanya satu atau dua halaman. Anda harus memiliki penjelasan singkat kepada diri sendiri bagaimana Anda akan menjalankan rencana bisnis.
  2. Dapatkan Informasi tentang bisnis MLM. Memiliki pemahaman tentang produk dan layanan. Anda harus dapat memberikan jawaban yang cerdas untuk semua pertanyaan yang mungkin dimiliki orang-orang dalam kelompok Anda.
  3. Punya Mentor. Temukan satu atau dua orang sebagai mentor di atas posisi Anda dan tetap terhubung dengan mereka.
  4. Investasikan kembali Keuntungan Anda.Jika Anda menghasilkan uang, setelah pengeluaran, investasikan kembali laba dalam bisnis.
  5. Memiliki Strategi Pemasaran yang baik. Biarkan orang tahu siapa Anda dan apa yang Anda jual. Jadilah diplomatis tetapi tanpa menyesatkan pelanggan potensial Anda. Orang-orang akan mendatangi Anda jika Anda tidak membiarkan mereka berburu untuk menemukan Anda. Sebaliknya, Anda harus mencari prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan setia dan mitra bisnis.

Entah itu kekurangan atau kelebihan MLM anda haruslah mencatatnya untuk membantu anda memulai bisnis ini. Semua bisnis pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Yang terpenting, setiap hasil tidak ada yang menghianati usaha. Jadi, berusahalah yang terbaik, apapun bidang yang anda pilih dan anda sukai.

Leave a Reply